3 Tips Mudah Mengatasi Kepenatan

Kelelahan adalah keluhan yang sangat umum, dan biasanya disebabkan oleh gaya hidup. Seseorang merasa lelah karena banyak hal: tidur malam terlalu pendek, stres, bekerja keras, dll. Kelelahan juga disebabkan penyakit yang memerlukan diagnosis dan perawatan lebih lanjut, misalnya,penyakit jantung, sleep apnea(gangguan bernafas saat tidur), hipotiroidisme, anemia, diabetes atau bahkan kanker.

Dalam kebanyakan perawatan yang paling efektif untuk kepenatan adalah istirahat dan tidur yang cukup. Bila Anda masih merasa lelah meskipun sudah cukup istirahat dan tidur, beberapa perubahan gaya hidup berikut dalam rutin harian anda.


kepenatan



1. Berolahraga di pagi hari.

Berolahraga adalah suatu keharusan. Anda mungkin selalu sibuk. Anda terlalu padat sehingga tidak menyisakan waktu untuk berolah raga. Namun sebaiknya anda setidaknya perlukan setengah jam untuk berolahraga di pagi hari. Tubuh kita perlu berolahraga agar tetap cergas.

Anda bisa melakukan jogging atau latihan kardiovaskular ringan, berlari, bermain bulu tangkis atau latihan beban. Pada awalnya anda mungkin merasa sedikit lelah tetapi setelah tubuh anda terbiasa anda akan merasa segar dan penuh energi. Sepanjang hari anda akan berjalan lancar. Anda akan menjadi orang yang cergas dan energetik.

2. Sinar matahari.

Daripada meringkuk di tempat tidur sampai menit terakhir dan buru-buru menyiapkan diri untuk bekerja, sebaiknya anda berjalan-jalan selama beberapa minit di luar rumah. Sinar matahari pagi akan membantu membuka pori-pori tubuh Anda dan membuat diri anda lebih waspada dan aktif. 

3. Sarapan.

Dalam hidup serba cepat saat ini, kita memiliki sedikit waktu luang. Kita begitu ditekan oleh waktu sehingga sering melewatkan sarapan. Untuk tetap aktif dan enerjik sepanjang hari, anda harus menyantap sarapan sehat di pagi hari.

Jika anda melewatkan sarapan dan hanya memakan kudapan kecil di antara pekerjaan anda, anda sedang mengembangkan kebiasaan buruk yang tidak hanya menyebabkan kelelahan tetapi juga menimbulkan banyak masalah kesihatan. Sarapan merupakan makanan terpenting bagi kita semua.

Sesuaikan rutin harian anda sehingga anda memiliki cukup waktu untuk sarapan. Pastikan anda tidak memakan makanan yang digoreng dan berat saat sarapan Anda. Pilihlah makanan kaya karbohidrat, protein dan serat seperti roti, bubur, buah-buahan, susu, telur dan lain-lain.

Comments

  1. badan kita perlukan rehat yg ckup. baru la ada tenaga untuk melakukan sesuatu pekerjaan. kebanyakan org letih mental, bukan fizikal. so, amalkan gaya hidup sihat. shaklee membantu anda kekal bertenaga

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Suami Suka Berdengkur ? WAJIB Baca Ini Kalau Sayang Suami

Tidur Lambat Punca Hati Cepat Rosak

Tanda-tanda awal kanser payudara